Dinilai Membantu UMKM, Program Bahuma Terus Digaungkan Pemkot Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 21 Agustus 2023

Dinilai Membantu UMKM, Program Bahuma Terus Digaungkan Pemkot Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Program Bausaha Tanpa Bunga (BAHUMA) yang terus digaungkan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dinilai sangat membantu UMKM.

Hal itu tersampaikan melalui kegiatan coffee night festival UMKM Banjarmasin bersama pelaku usaha UMKM, di Halaman Kamboja Banjarmasin Tengah, Sabtu (19/8/2023) malam.

Menurut Kepala Cabang Bank Kalsel, Firmansyah  pihaknya telah lama melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam membantu pelaku usaha untuk mendapatkan pinjaman modal usahanya.

"Tapi syarat nya harus masuk inkubator dulu dan diseleksi di Diskopumker Banjarmasin," ujarnya.

Ketua Forum CSR Banjarmasin itu juga menjelaskan bahwa jika pelaku usaha meminjam melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) saja tetap mendapatkan bunga sebesar 6 persen.

Namun lanjutnya dengan program Bahuma tersebut melalui dana CSR maka pelaku usaha yang sudah tercatat dan terverifikasi dengan mudah mendapatkan pinjaman tanpa bunga.
"Siapa saja yang dinilai layak atau tidaknya," imbuhnya.

Sebab kata ia pihaknya juga akan melakukan verifikasi lanjutan untuk memastikan pernah atau tidaknya si pelaku usaha tersebut melakukan peminjaman di bank lain. "Karena juga tidak boleh ada double finance atau peminjaman di bank lain," sambungnya.

Untuk itu program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi pelaku usaha tanpa terbebani bunga pinjaman setiap bulannya.

Apalagi peningkatan mutu usaha UMKM merupakan program perioritas milik Pemkot dalam menuntaskan visi - misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin.

Adapun UMKM yang ikut dalam program Wirausaha baru, dan Wirausaha Lawas yang sudah terdaftar serta memiliki izin, WUB Kota Banjarmasin saat ini sudah ada sekitar 3 ribu lebih.

Rinciannya seribu tercatat sebagai WUB mandiri, 150 WUB unggulan, bahkan saat ini ada sekitar 90 peserta UMKM yang tengah mengikuti Inkubator Bisnis dan sedang melalui tahap proses seleksi. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner